Rabu, 10 Februari 2016

Daftar KUA dan Kursus Calon Pengantin

Urusan daftar ke KUA ini lumayan ribet juga sih. Tapi memang mending daftar sendiri ya. Ngga usah pake calo-calo segala. Soalnya bisa aja nanti biayanya dimainin sama mereka. Saya agak lupa ya, tapi waktu itu urusan daftar KUA ini dilakukan kalo ngga salah 3 bulan sebelum hari H. Jadi karena acara saya bulan Mei, jadi urus daftarnya bulan sekitar Februari.

Waktu itu, saya dibantu sama Ibu buat urusan ke KUA. Ibu sempet dateng ke KUA Sukmajaya, karena dulunya Kecamatan Cilodong masih termasuk ke Kecamatan Sukmajaya. Oya, KUA Sukmajaya ini adanya di Jl. Merdeka, deket Samsat Depok. Ibu dikasih selembar kertas yang isinya berkas apa aja yang dibutuhin dan mesti dilengkapin.

Oya, saya sempet tanya ke pihak Gedung Pandansari, Taman Bunga Wiladatika Cibubur, apakah penghulunya harus dari KUA Cibubur atau boleh dari KUA domisili saya. Alhamdulillah, pihak gedung bilang boleh dari KUA domisili saya. Jadi saya ngga perlu urus surat numpang nikah. Cukup Si Mas aja yang urus surat numpang nikah yang ditujukan ke KUA domisili saya.

Semua urusannya dimulai dari Si Mas dulu. Urus ke Pak RT di daerah Beji, tujuannya minta surat pengantar untuk menikah yang nantinya akan diserahkan ke Kelurahan. Nah, nanti sama Pak RT dikasih juga blangko surat pernyataan yang isinya menyatakan bahwa Si Mas masih perjaka tulen. Hehehe.. Untuk ke Pak RT ini perlu fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi KTP, dan siapin juga Materai 6000, gunanya buat di tempel di blangko tadi. Nah setelah dapet surat-surat dari Pak RT buat ke Kelurahan, namanya juga Indonesia ya cyiiin, kasih aja deh seikhlasnya dan sepantasnya, hitung-hitung ongkos nulis-nulis.

Abis dari Pak RT, lanjut ke Kelurahan. Bawa deh tuh surat pengantar dari RT tadi, plus bawa lagi deh tuh fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi KTP CPP, plus fotokopi KTP KEDUA ORANG TUA CPP. Nantinya dari Kelurahan bakal dapet blangko lagi yang mesti diserahin ke KUA bareng-bareng sama data-data CPW. Di Kelurahan yaa, sama aja sih mesti ada "selipan" juga. Hehehehe..

Untuk urusan saya, sama aja, ke Pak RT dulu, trus dapet surat-surat yang mesti dibawa ke Kelurahan. Udah beres dari kelurahan, baru deh tuh dateng ke KUA. Boleh diwakilin kok buat pasangan yang sibuk kerja. Asaaaaall...yang wakilin orang tua/keluarga inti/orang terpercaya yaa. Sekali lagi saya ingetin ngga usah pake calo kecuali kamu punya uang banyak dan bersedia bayar berjuta-juta.Hahahahha..

Sampai di KUA, semua berkasnya di cek, dan Alhamdulillah berkas saya semua udah lengkap. Untuk daftar di KUA ini ada biayanya, tapi resmi kok. Biayanya Rp 600.000,- dan harus disetorkan via Teller BNI. Jangan mau ditipu-tipu ya. Kalo pake calo, entah berapa biaya yang mereka catut untuk prosedur ini. Tapi ya namanya juga calo kan ya, mereka pasti cari untung. Oya, jangan lupa bukti bayarnya disimpen ya, buat ditunjukin lagi ke KUA. Abis itu baru deh kita dapet nama penghulunya. Jangan lupa minta nomor HP nya juga.

Saran saya, kitanya juga harus getol update info. Saya sempet beberapa kali diinfoin soal pergantian penghulu soalnya. Setelah pertama dengan Bapak A, kemudian dialihkan ke Bapak B, dikarenakan Bapak A dipindahtugaskan ke KUA lain. Eeeehh, abis itu dapet info lagi kalo KUA saya seharusnya KUA Cilodong, bukan lagi KUA Sukmajaya. Alasannya pemekaran wilayah dan KUA nya bener-bener baru terpisah sendiri-sendiri. Jadilah Ibu mesti mindahin berkas dari KUA Sukmajaya ke KUA Cilodong. KUA Cilodong ini bahkan kalo dicari alamatnya di Mbah Google belum ketemu saking barunya. Hahahahha..bermodal tanya-tanya akhirnya Ibu nyampe juga disana. Memang baru banget. Bentuknya kayak rumah kecil aja gitu.Setelah sampe sana, baru deh tuh dapet nama penghulu lagi, yaitu Bapak C. Dan emang mesti rempong kali yah, ternyata setelah update lagi beberapa minggu sebelum hari H, ternyata ganti lagi dong nama penghulunya jadi Bapak D.  -______-"

Dari KUA juga kita bakal dikasih surat yang isinya disuruh dateng ke "Kursus Calon Pengantin". Jujur saya baru tahu ada yang kayak gini. Harinya udah ditentuin yaitu hari Selasa jam 9 pagi. Kursus ini memang cuma diadain tiap hari Selasa. Jadi yaa mau ngga mau mesti cuti dari kantor. Kalo buat yang ga mau dateng ya ngga apa-apa juga sih. Ngga ada paksaan.

Saya dan Si Mas memutuskan buat dateng. Karena saya yakin pasti ada tujuan baik di balik kursus ini. Walau tetep aja ada udang di dibalik batu. Hahahahha.. Setelah sampai KUA, saya disuruh isi buku tamu dulu. Isinya data-data saya dan Si Mas, trus hari, tanggal, dan tempat acara. Disana ngga cuma saya dan Si Mas aja yang dateng untuk ikut kursus ini. Ada beberapa pasangan lain juga. Ada yang udah berumur, ada juga yang masih muda lagi dari saya umurnya.

Jadi sebenernya kursus ini tuh semacem penyuluhan aja sih. Yang dibahas ya bagaimana syarat sah pernikahan/Ijab Qabul, bagaimana kehidupan setelah pernikahan, dll. Bagus lah menurut saya meterinya. Yang serunya, pas setelah materi ini, semua CPP disuruh latihan Ijab Qabul. Si Mas nunjuk diri buat jadi yang pertama. Alhamdulillah bisa. Hahahahaha.. Lucu-lucu sih. Ada yang lupa nama CPW nya, ada yang lupa nama ayah CPW nya. 

Terakhir setelah itu semua, kita yang udah ikut penyuluhan ini dapet Piagam yang ada nama kitanya. Cuma yaa itu tadi yang udah saya bilang, ada udang di balik batu. Ada uang selipannya juga. Katanya buat ongkos bikin dan nulis piagam dan mapnya. Tapi ngga dipatok harus kasih sekian kok. Seikhlasnya dan semampunya kita aja.

Piagam Kursus Calon Pengantin
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar